Alam Raya Permai.blogspot.com

Get cash from your website. Sign up as affiliate. Get a Free Nintendo Wii from Xpango - click here

Kamis, 25 November 2010

MUSEUM FATAHILLAH

     Siapa yang tidak mengenal yang namanya museum,tentu semuanya pasti tau kan? Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan referensi tempat pariwisata yang berbau pendidikan yaitu wisata pendidikan Museum. Tentu pada saat kita masih duduk di bangku sekolah,kita mendapatkan mata pelajaran Sejarah yang menceritakan tentang kehidupan prasejarah dan kehidupan sejarah. Nah,oleh karena itu artikel kal ini akan menceritakan mengenai wisata pendidikan tepatnya kita akan membahas Museum yang cukup terkenal di Jakarta yaitu Museum Fatahillah.

     Museum Fatahillah adalah sebuah bangunan kuno yang berada di Jl. Taman Fatahillah No. 2 Jakarta Barat dengan luas kurang lebih 1300 m2 dan merupakan bekas bangunan Belanda yang dulunya di pakai sebagai Balai Kota yang di bangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Bangunan ini di terbagi beberapa bagian tempat yaitu sebagian di gunakan sebagai kantor,di gunakan sebagai pengadilan dan di gunakan sebagai penjara yang berada di bagian bawah tanah. Setelah kemerdekaan gedung ini beralih fungsi yaitu di gunakan sebagai Museum dan di resmikan pada tanggal 30 Maret 1974 dengan nama Museum Fatahillah.
     Museum Faahillah menyimpan beberapa koleksi diantaranya menyimpan sejarah Jakarta,terdapat juga batu Prasasti,terdapat Ruang Tarumanegara,Ruang Jayakarta,Ruang M.Thamrin,Ruang Sultan Agung dan Ruang penggalian Arkeolog Jakarta serta juga terdapat ruang tahanan yang duluny di gunakan sebagai penjara pada Zaman Pemerintahan Belanda yang berada di ruang bawah tanah. Di samping itu juga terdapat keramik-keramik Zaman Cina Kuno yang memiliki ukiran-ukiran klasik bahkan juga terdapat koleksi Kebudayaan Betawi serta juga terdapat Becak yang dulunya di gunakan sebagai alat tansportasi masyarakat Ibukota Jakarta.
     Nikmatilah liburan Anda selama berada di Museum Fatahillah karena selama berada di Museum Anda akan di pandu oleh petugas Museum dan akan di jelaskan tiap-tiap ruangan dan benda-benda yang berada di dalam museum. Oleh karena itu obyek wisata museum sangat pas sekali buat melakukan study tour bagi anak-anak pelajarsekolah agar bisa lebih mengenal lagi sejarah Bangsa Indonesia khususnya Sejarah Kota Jakarta.



 


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

tagged by standingproud Pictures, Images and Photos