Alam Raya Permai.blogspot.com

Get cash from your website. Sign up as affiliate. Get a Free Nintendo Wii from Xpango - click here

Senin, 08 November 2010

Kepulauan Riau Yang Agung

   Kepulauan Riau memiliki beberapa pulau yang memiliki potensi pariwisata yang sangat bagus,hal ini di buktikan dengan adanya keseriusan pemerintah setempat mengelola beberapa obyek wisata yang di ras sangat menonjol dan bagus untuk propek mendatangkan devisa bagi pemerintah daerah. Tempat-tempat pariwisata yang cukup terkenal dan patut kita kunjungi di antaranya adalah :

1. Pulau Penyengat / Pulau Penyengat Indera Sakti
    Pulau ini terletak di daerah Tanjungpinang sejauh lebih kurang 1,5 Km dari kota Tanjungpinang. Luasnya sekitar dari 3,50 km. Memiliki tekstur alam yang berbukit-bukit yang terdiri dari pasir bercampur kerikil, sementara pantainya umumnya landai,sebahagian berumput, sebahagian lagi berbatu berkarang. Diantara Pulau Penyengat dan Tanjungpinang terdapat selat yang lebarnya sekitar 1,5 km yang dapat dilewati dengan perahu.
    Pada abad ke-18, Raja Haji membangun sebuah benteng di Pulau Penyengat, benteng tersebut tepatnya berada di Bukit Kursi, disana ditempatkan beberapa meriam sebagai basis pertahanan Bintan Ia menguasai wilayah istrinya Raja Hamidah tahun 1804. Anaknya kemudian memerintah seluruh kepulauan Riau dari Pulau Penyengat. Sementara itu, saudara laki-lakinya memerintah di Pulau Lingga di sebelah selatan dan mendirikan Kesultanan Lingga-Riau. Menurut legenda lebih lanjut, nama “penyengat” diberikan kepada pulau itu, karena konon katanya pelaut-pelaut yang sedang mengambil air bersih ditempat itu diserang oleh semacam lebah (insect) yang dipanggil “penyengat” hingga menimbulkan korban. Sejak peristiwa itu pulau tersebut terkenal  di kalangan pelaut dan nelayan dengan sebutan “Pulau Penyengat”. Pada saat pusat pemerintahan Kerajaan Riau bertempat di pulau itu, ia diresmikan dengan nama “Pulau Penyengat Indera Sakti”. Karena peranan pulau penyengat sangat penting didalam kesejarahan Kerajaan Riau,oleh karena itu pulau penyengat ini menjadi terkenal dan menarik minat orang untuk berkunjung.
    Pulau Penyengat merupakan salah satu obyek wisata di Kepulauan Riau. Salah satu objek yang bisa kita liat adalah Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, makam-makam para raja, makam dari pahlawan nasional Raja Ali Haji,kompleks Istana Kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi.

 
 Kompleks Istana Kantor

                                      
                                                                                    Masjid raya Sultan Riau 


 
Makam Raja Ja'afar dan Raja Ali Marhum Kantor
(wafat 12/7/1844)       



                                                                                        Makam Engku Putri Raja Hamidah         
                                                                                      
 2. Pantai Trikora
    Kepulauan Riau juga terkenal dengan pantainya salah satunya adalah Pantai Trikora. Pantainya yang bersih juga pasirnya yang berwarna putih menambah keelokan Pantai Trikora ini. Banyak wisatawan lokal maupun asing sering mendatangi pantai ini untuk melepaskan kepenatan karena seharian bekerja.
    Pantai ini berlokasi di Pulau Bintan arah timur kota Tanjungpinang,akses menuju ke pantai ini sudah sangat bagus karena pemerintah daerah serius menangani pantai ini sehingga jalannya sudah berspal dan juga di sediakan pendopo-pendopo untuk beristirahat,namun sarana prasarana yang lain seperti toilet,supermarket dan sarana permainan buat anak-anak masih belum ada sehingga kita hanya bisa membeli makanan atau minuman dari pedagang asongan yang menawarkan kita pada saat kita duduk di pantai,juga apabila kia ingin buang hajat kita terpaksa menumpang kepada warga setempat.
    Namun keindahan yang di tawarkan pantai ini tak menyurutkan wisatawan mendatangi pantai ini sesekalipun pengunjung hanya bisa menikmati pantainya saja baik bermain di pantai dan berenang ataupun menikmati jagung bakar di saat matahari terbenam bersama keluarga ataupun pasangan kita duduk-duduk di pinggir pantai.

 








0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

tagged by standingproud Pictures, Images and Photos