Alam Raya Permai.blogspot.com

Get cash from your website. Sign up as affiliate. Get a Free Nintendo Wii from Xpango - click here

Sabtu, 06 November 2010

KEINDAHAN DI TANAH JAMBI

     Propinsi jambi merupakan propinsi yang menyimpan kekayaan alam yang sangat luar biasa yang wajib kita kunjungi. panorama alam yang di miliki propinsi jambi tidak kalah menariknya di bandingkan dengan propinsi-propinsi lainnya yang ada di indonesia. Pada kesempatan ini penulis akan memberikan sedikit informasi mengenai tempat-tempat pariwisata yang sangat populer di propinsi jambi,di antaranya adalah :
1. Taman Nasional Kerinci Seblat
    Taman Nasional Kerinci Seblat adalah taman nasional terbesar di Sumatra, Indonesia yang memiliki luas wilayah sebesar 13,750 km² dan membentang ke empat provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Taman nasional ini terletak pada koordinat antara 100°31'18"E - 102°44'01"E dan 1°07'13"S - 1°26'14"S.
    Taman nasional ini terdiri dari Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki wilayah dataran tertinggi di Sumatra, Gunung Kerinci (3.805 m). Taman nasional ini juga terdiri dari mata air-mata air panas, sungai-sungai beraliran deras, gua-gua, air terjun-air terjun dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Tujuh. Taman nasional ini juga memiliki beragam flora dan fauna. Sekitar 4.000 spesies tumbuhan tumbuh di wilayah taman nasional termasuk bunga terbesar di dunia Rafflesia arnoldi, dan bunga tertinggi di dunia, Titan Arum. Fauna di wilayah taman nasional terdiri antara lain Harimau Sumatra, Badak Sumatra, Gajah Sumatra, Macan Dahan, Tapir Melayu, Beruang Madu dan sekitar 370 spesies burung.
     Dan juga Taman Nasional Kerinci Seblat adalah salah satu kawasan konservasi dengan luas hampir 1,4 juta hektar. Bersama-sama dengan Taman Nasional Gunung Leuser serta Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Taman Nasional Kerinci Seblat telah ditetapkan sebagai World Tropical Rainforest Heritage Site.
Taman nasional kerinci Seblat ini merupakan hasil dari penyatuan beberapa kawasan cagar alam kerinci antara lain : Cagar Alam Inderapura dan Bukit Tapan,Suaka Margasatwa Rawasa Huku lakitan-Bukit kayu embun dan Gedang seblat.
    Taman Naisonal ini sangat bagus sekali bagi kita terutama pelajar untuk mempelajari berbagai macam spesies yang terdapat di taman nasional ini.


2. Gunung Kerinci
    Gunung Kerinci (juga dieja "Kerintji", dan dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura) adalah gunung tertinggi di Sumatra, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua. Gunung Kerinci terletak di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. Kerinci masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009.
    Gunung kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di indonesia yaitu memiliki ketinggian 3805 mdpl dan memiliki kawah yang berbentuk kerucut hasil dari letusan dan di dalam kawah tersebut terdapat air yang berwarna hijau. Gunung kerinci ini juga di gunakan sebagai tempat pendakian bagi para pecinta alam di seluruh indonesia bahkan dunia. Di gunung ini sudah di sediakan pos-pos untuk di jadikan tempat meminta informasi kepada petugas agar dalam pendakian berjalan dengan lancar juga pos ini di gunakan  sebagai tempat untuk beristrahat sebelum melanjutkan pendakian kembali dan sebelum mendaki ke puncak di harapkan mendirikan tenda terlebih dahulu untuk bermalam karena tidak ada pos penjaga lagi di bawah puncak yang berjarak sekitar 2 km dan tujuan bermalam ini untuk mengembalikan stamina karena waktu yang harus di tempuh untuk menuju puncak sekitar 3 jam. Oleh karena itu para pendaki di harapkan berhati-hati selama dalam perjalanan menuju puncak Gunung Kerinci.
 





0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

tagged by standingproud Pictures, Images and Photos