Alam Raya Permai.blogspot.com

Get cash from your website. Sign up as affiliate. Get a Free Nintendo Wii from Xpango - click here

Jumat, 12 November 2010

AMPERA DAN GUNUNG DEMPO

    Sumatera Selatan memiliki beberapa tempat pariwisata yang sangat indah dan unik juga memiliki sejarah yang sangat bagus sekali untuk di simak agar kita mengetahui asal-usul tempat-tempat pariwisata yang berada di Sumatera Selatan. Berbicara mengenai Sumatera Selatan tentu dalam benak kita akan tertuju pada Sungai Musi dan Jembatan Amperanya juga makanan pempeknya. Memang,Propinsi Sumatera Selatan identik dengan Sungai Musinya. Pada kesempatan ini penulis akan memberikan sedikit gambaran mengenai tempat-tempat pariwisata di Sumatera Selatan diantaranya Jembatan Ampera yang berada di Sungai  Musi dan Gunung Dempo.

1.     Jembatan Ampera
     Palembang memiliki jembatan tua yang menyeberang di atas sungai musi yang  menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang di namakan Jembatan Ampera. Jembatan Ampera dibangun pada tahun 1962 sampai pada tahun 1964 dan pada awal pembuatannya jembatan ini dinamakan jJmbatan Bung Karno,namun pada tahun 1965 Jembatan Bung Karno di ganti dengan nama Jembatan Ampera.
     Jembatan Ampera memiliki panjang 1.117 m,lebarnya  22 m,tinggi dari permukaan air 11,5 m dan memiliki berat 944 Ton. Jembatan ini memiliki tiang-tiang yang dapat di angkat naik-turun yang berfungsi untuk apabila ada kapal yang melewati sungai musi dan akan melewati Jembatan Ampera,kedua tiang iberfungsi untuk mengangkat jembatan di bagian tengahnya. Namun karena usia jembatan sudah tua sehingga menyebabkan jembatan ini sudah tidak bisa lagi naik turun apabila ada kapal yang menyeberang di sungai musi dan akan melewati di bawah Jembatan Ampera.
     Jembatan Ampera begitu indah pada saat kita lihat di malam hari karena di sepanjang jembatan terpasang lampu-lampu warna-warni yang menghiasi jembatan ini sehingga kita bisa memandangi keindahan jembatan ini dari kejahuan dan pada saat makan malam di restoran di dekat sungai Musi atau  hanya sekedar duduk-duduk di pinggir Sungai Musi sambil makan jagung bakar.



 


2.    Gunung Dempo
     Gunung Dempo terletak di perbatasan Propinsi Sumatera Selatan dan Propinsi Bengkulu. Gunung Dempo merupakan Gunung tertinggi di Sumatera Selatan yaitu memiliki ketinggian kurang lebih 3.195 mdpl. Gunung Dempo termasuk dalam golongan Gunung Berapi yang masih aktif bahkan sering mengeluarkan asap dan lumpur yang terbawa ke dataran rendah.
     Gunung Dempo teletak di kota Pagaralam yang di kelilingi oleh Bukit Barisan yang mengitari Gunung Dempo. Di sekitar Gunung Dempo terdapat permukiman warga bahkan terdapt losmen-losmen yang di peruntukkan untuk turis lokal maupun asing yang ingin bermalam dan ingin menikmati suasana sejuknya daerah Gunung dempo atau yang ingin mendaki ke puncak Gunung dempo. Warga sekitar juga sering mendaki ke gunung Dempo walau hanya sekedar mencari kayu bakar.
     Di sekitar lereng Gunung Dempo terdapat Pekebunan Teh yang sangat tertata rapi dan berwarna kehijau-hijauan yang sangat indah sekali dan menyejukkan. Kita bisa menikmati hangatnya secangkir teh hasil perkebunan karena di tempat ini juga terdapat pengolahan daun teh menjadi teh siap saji. Keindahan dan kesejukan di sekitar Gunung Dempo tidak di ragukan lagi,di samping alamnya asri juga terdapat perkebunan dan losmen-losmen untuk menginap menambah keagungan Gunung Dempo.


 



  

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

tagged by standingproud Pictures, Images and Photos