Alam Raya Permai.blogspot.com

Get cash from your website. Sign up as affiliate. Get a Free Nintendo Wii from Xpango - click here

Kamis, 20 Januari 2011

LAWANG SEWU SEMARANG

    Lawang sewu terletak di bundaran Tugu Muda,Semarang,Jawa Tengah yang dahulu di sebut dengan Wilhelmina Plein yang merupakan kantor dari Nederlands Indische Spoorweg Maatschapppij atau NIS yaitu sebagai kantor pusat perkereta apian (trem). Bangunan ini di bangun pada tahun 1903 dan di resmikan pada tanggal 1 juli 1907 oleh arsitek Belanda yang bernama Prof. Jacob F. Klnkhamer dan B.J Queendag.
    Bangunan ini sudah berusia 100 tahun lebih sehingga pemerintah daerah mengeluarkan surat keputusan bahwa bangunan ini merupakan salah satu bangunan kuno yang berada di Semarang yang patut di lindungi. Bangunan ini memiliki pintu yang sangat banyak sekali sehingga masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu,meskipun keadaannya pintu di bangunan Lawang Sewu tidak mencapai 1000 pintu. Pada masa kemerdekaan,bangunan kuno yang terkesan angker ini di pakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Indonesia (DKARI) atau sekarang PT. Kereta Api Indonesia. Namun untuk kepentingan militer bangunan ini pernah di gunakan sebagai kantor KODAM IV Diponegoro dan juga pernah digunakan sebagai Kantor Wilayah Departemen Perhubungan Jawa Tengah.
    Saat ini bangunan kuno ini digunakan sebagai obyek wisata sejarah karena bangunan ini memiliki fasilitas berupa peninggalan sejarah arsitek bangunan kuno dan barang-barang antik serta terdapat ruang bawah tanah dan menara informasi. Menara Sewu juga digunakan sebagai tempat pameran dalam event-event tertentu bahkan digunakan sebagai obyek dalam pembuatan film dengan judul yang sama dengan bangunannya,sehingga obyek wisata ini ramai di kunjungi masyarakat setempat maupun dari luar kota.
    Meskipun bangunan ini terlihat angker namun nilai sejarah yang terkandung di dalam bangunan ini sangat tinggi sekali mulai dari bangunannya sampai barang-barang antik dan ruangan-ruangan yang terdapat di dalam bangunan Lawang Sewu ini sangat klasik sekali dan patut kita pelajari sehingga kita akan mengerti sejarah perjalanan bangunan kuno ini. Selama berada di bangunan ini kita akan di pandu oleh pemandu wisata di Lawang Sewu yang akan mengantarkan dan menjelaskan kepada kita tempat-tempat dan barang-barang yang berada di bangunan ini.



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

tagged by standingproud Pictures, Images and Photos