Alam Raya Permai.blogspot.com

Get cash from your website. Sign up as affiliate. Get a Free Nintendo Wii from Xpango - click here

Kamis, 16 Desember 2010

KEBUN RAYA BOGOR

    Kebun Raya Bogor terletak di pusat Kota Bogor,Jawa Barat tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda No. 13,PO BOX 309 Bogor 16003,Indonesia. Kebun Raya Bogor merupakan sebuah tempat wisata pendidikan yang kaya akan koleksi tanaman dan tumbuh-tumbuhan karena kebun ini telah di kembangkan sejak zaman penjajahan Inggris dan Belanda. Kebun ini memiliki luas ± 87 hektar dan memiliki sekitar 15.000 jenis koleksi pepohonan dan tumbuh-tumbuhan sehingga suasana di dalam kebun sangat sejuk dan asri.


    Awal pendirian Kebun Raya ini di mulai sejak penjajahan Inggrris yang di prakarsai oleh Gubernur Jendral Inggris Thomas Stamford Raffles yang mendiami Istana Bogor di era tahun 1800an yang memiliki minat dan kemauan untuk mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah taman flora yang sangat cantik dan indah. Kemudian,dengan di bantu oleh para ahli botani yaitu W. Kent akhirnya Raffles menyulap halaman Istana menjadi sebuah taman yang bergaya Inggris klasik yang merupakan cikal bakal berdirinya Kebun Raya Bogor ini.
    Di saat kita memasuki pintu gerbang kebun Raya Bogor yang bergaya Eropa ini terdapat Tugu Lady Raffles yang sengaja di bangun oleh Thomas Stamford Raffles (1811-1816) yang di tujukan untuk mendiang istrinya Lady Olivia Mariamne Raffles yang meninggal pada tahun 1814 di area Kebun Raya Bogor ini,sehingga tugu ini masih selalu ada karena memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi.
    Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mendatangi Kebun Raya Bogor ini adalah terdapatnya bunga bangkai (Amorphophalus titanium) yang memiliki ciri-ciri ukurannya yang sangat besar kira-kira tingginya mencapai 2 m dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuh-tumbuhan serta mengeluarkan aroma yang sangat bau sekali seperti bangkai di saat bunga akan mulai mekar. Di kebun ini juga terdapat pohon kelapa sawit yang sangat tua bahkan tertua di Asia Tenggara yang masih hidup sampai sekarang dan memiliki ukuran yang sangat besar.
     Nikmatilah hari liburan Anda selama berada di Kebun Raya Bogor ini untuk melepaskan kepenatan selama bekerja karena suasana alamnya yang sejuk sehingga jiwa dan pikiran kita akan segar kembali juga kandungan oksigen di area kebun ini sangat banyak sekali sehingga menyehatkan bagi  tubuh kita. Pengunjung hanya mengeluarkan Rp 9.500/orang dan biaya parkir untuk roda 4 sebesar Rp 15.500 dan parkir roda 2 sebesar Rp 3.000. Harga tiket masuk yang relatif murah sangat pas buat Anda yang tidak memiliki begitu banyak biaya namun tempat wisata ini tidak kalah dengan wisata lainnya karena kita akan menambah wawasan mengenai flora juga menyehatkan karena alamnya yang sangat indah dan sejuk sekali.
 



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

tagged by standingproud Pictures, Images and Photos