Alam Raya Permai.blogspot.com

Get cash from your website. Sign up as affiliate. Get a Free Nintendo Wii from Xpango - click here

Sabtu, 04 Juni 2011

PEMANDIAN KALIANGET WONOSOBO

    Salah satu tempat rekreasi yang banyak di kunjungi oleh masyarakat wonosobo dan luar kota wonosobo adalah pemandian kalianget. Pemandian Kalianget merupakan salah satu objek wisata yang dimilki Kabupaten Wonosobo yang hanya berjarak 3 km dari pusat kota, tepatnya terletak di Jalan Dieng kilometer 3 atau sebelah utara kota Wonosobo. Luas areal keseluruhan kawasan wisata pemandian air panas kalianget ini memiliki luas sebesar 9,5 hektare.  Untuk pemandian dan fasilitas lainnya sendiri di bangun seluas 5,4 hektare . Adapun untuk kawasan bekas pasar Dieng seluas 2,6 hektare, semuanya akan dijadikan kawasan hotel.
     Semula sumber mata air panas alami yang debitnya cukup besar itu, dibiarkan dan tidak dikelola. Namun sejak kawasan yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Kebumen dibangun Waduk Wadaslintang (tahun 1987), maka keberadaan mata air panas di tempat itu pun, diprediksi bisa menopang kepariwisataan waduk. Maka sejak tahun 1999 dan 2004, Pemkab Wonosobo mulai membenahi potensi mata air panas alami di Dusun Kalianget. Sejak itu, Pemkab/Dinas Pariwisata mendirikan bangunan permanen berisi enam buah ruang kamar mandi dan dua ruang toilet. Untuk memudahkan pengunjung datang ke lokasi, transportasi darat dari ibu kota Kecamatan Wadaslintang ke desa-desa di seberang waduk pun mulai diperkeras dan diaspal. Di antaranya, melewati kawasan sumber mata air panas alami Kalianget.
     Taman Rekreasi Kalianget juga merupakan salah satu program pemerintah dalam melindungi potensi alam dan menjadi salah satu aset daerah.  Potensi alam yang dimiliki berupa sumber air panas, topografi, dan view yang menarik sekitar areanya juga dikelilingi perbukitan serta Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang masih alami. Suhu air panas di tempat itu cukup tinggi. Karena itu, pihak pengelola mengatur melalui penampungan sebelum disalurkan ke masing-masing ruang kamar mandi. Kamar terdekat dengan bak penampung relatif paling panas. Selain untuk pengunjung luar daerah pihak pengelola juga menyediakan pemandian air panas untuk masyarakat setempat.Khusus bagi perempuan desa setempat, dibuatkan bangunan terpisah/tertutup dan air panasnya disalurkan ke bak penampung lewat pipa. Adapun bagi pria, disediakan kolam umum terbuka di kompleks atau di dekat mata air.
     Taman Rekreasi Kalianget menyediakan pemandian Air Panas alami, dimana air tersebut mengandung Asam Sulfat yang cukup tinggi sehingga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tidak hanya itu, Taman Rekreasi Kalianget juga menyediakan sarana olah raga seperti menyediakan fasilitas lapangan tennis, stadion Sepakbola, kolam renang, taman bermain dan kolam pemancingan. Wisatawan yang mengunjungi taman rekreasi Kalianget, dapat dipastikan akan mendapat suasana yang rileks sambil melakukan aktifitas olahraga. Setelah melakukan olahraga tennis ataupun berenang, para pengunjung juga bisa beristirahat sambil berendam air panas alami yang terdapat disana.
      Pemandian kalianget banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun yang berasal dari luar kota wonosobo,khususnya pada hari minggu yang ingin menghabiskan masa liburan dengan berendam di air hangat untuk melepas kepenatan dan kembali menjadi segar kembali.



1 komentar:

Lukman Agung mengatakan...

Spesifik dan nyaman untuk dikunjungi...semoga pengelola terus meningkatkan kenyamanan ..kalianget.
portal online wonosobo

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

tagged by standingproud Pictures, Images and Photos