Alam Raya Permai.blogspot.com

Get cash from your website. Sign up as affiliate. Get a Free Nintendo Wii from Xpango - click here

Kamis, 26 Mei 2011

AGRO WISATA TAMBI WONOSOBO

     Agrowisata Perkebunan Teh Tambi  terletak di lereng Gunung Sindoro sekitar ± 16 km arah utara kota Wonosobo atau bila menggunakan kendaran membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Agro Wisata Tambi memiliki ketinggian 1.200 – 2000 m diatas permukaan laut. Suhu udara rata-rata minimal 15 º C dan suhu maksimal 24 º C. PT. Tambi mengelola 3 unit perkebunan yang terletak di Bedakah, Tanjungsari, Desa Tambi dengan luas 829 hektar.
     Luas areal PT Tambi meliputi 829,14 ha terdiri atas 3 unit perkebunan yaitu Unit Tambi, Unit Bedakah dan Unit Tanjungsari. Produk utama berupa teh hitam dengan tingkat produksi per tahun sebanyak 1.800 - 2.000 ton. Lokasi perkebunan terletak di lereng sebelah barat Gunung Sindoro dan Sumbing di bagian tengah Jawa Tengah. Ketinggian 800 - 2.000 meter di atas permukaan laut dengan tingkat curah hujan 2.500 - 3.500 mm per tahun.
     Menurut sejarah perkebunan teh ini  dulunya pada tahun 1885 perkebunan ini merupakan milik Belanda dengan nama Bagelen Thee & Kina Maatschappij yang dikelola oleh NV John Peet berkantor di Jakarta. Setelah Indonesia merdeka, diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang selanjutnya setelah Konferensi Meja Bundar kembali diserahkan kepada pemilik semula. Tahun 1954 perkebunan dijual kepada NV Eks PPN (Pegawai Perkebunan Negara) Sindoro Sumbing. Tahun 1954 NV Eks PPN Sindoro Sumbing bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Wonosobo mendirikan sebuah perusahaan baru bernama NV Tambi dan yang sekarang telah berganti nama menjadi PT Tambi. 
     Suasana yang segar dan asri membuat wisatawan banyak mengunjungi tempat wisata ini terutama bagi para pecinta alam yang sangat mengagumi keindahan alam pegunungan. Pengunjung atau wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan di luar ruangan seperti Out bound, Camping dll. Lokasi yang strategis dan suhu rata-rata 20 derajat celcius sangat cocok untuk bermalam dengan tenda. kebun Di antara rerimbunan teh pengunjung dapat bermalam dengan menggunakan tenda dan refreshing dengan konsep back to nature. Fasilitas yang terdapat di areal agro wisata ini adalah terdapatnya tempat ibadah masjid,camping ground area,toilet dan kamar mandi yang bersih,kolam renang dan taman bermain buat anak-anak,retoran dengan menu yang variatif dengan harga yang murah dan bersih,halaman parkir yang luas,suasana yang aman dan nyaman,persewaan perlengkapan camping,fasilitas kebutuhan listrik, sound system dsb.
     Nikmatilah hari liburan anda di agro wisata perkebunan teh tambi yang sangat indah dan memiliki sarana dan prasarana yang memadai.





0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

tagged by standingproud Pictures, Images and Photos