Alam Raya Permai.blogspot.com

Get cash from your website. Sign up as affiliate. Get a Free Nintendo Wii from Xpango - click here

Senin, 13 Juni 2011

CANDI BOROBUDUR

     Salah satu bukti peradaban dunia yang sangat cerdas dan maju yang di miliki oleh bangsa indonesia dan telah menjadi warisan dunia yang telah di kukuhkan oleh UNESCO yaitu Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan salah satu 7 keajaiban dunia yang  terletak di Magelang, Jawa Tengah, sekitar 40 km dari Yogyakarta. Borobudur dibangun sekitar tahun 800 Masehi atau abad ke-9. Candi Borobudur dibangun oleh para penganut agama Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi ini dibangun pada masa kejayaan dinasti Syailendra. Pendiri Candi Borobudur yaitu Raja Samaratungga yang berasal dari wangsa atau dinasti Syailendra. Kemungkinan candi ini dibangun sekitar tahun 824 M dan selesai sekitar menjelang tahun 900-an Masehi pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani yang adalah putri dari Samaratungga. Sedangkan arsitek yang berjasa membangun candi ini menurut kisah turun-temurun bernama Gunadharma.
     Candi Borobudur dibangun dengan menggunakan +/- 55.000 m3 batu. Tinggi bangunan ini sampai kepuncak adalah 42m, dengan lebar dasar 123 m. Tegak dan kokoh menjulang keangkasa dan merupakan bagian dari sejarah yang telah berumur ratusan tahun. Penentuan umur dilakukan dengan memperhatikan dasar corak bangunan candi dan ukir-ukirannya yang menunjukkan corak Jawa Tengah abad 9 masehi. Bangunan raksasa ini hanya berupa tumpukan balok batu raksasa yang memiliki ketinggian total 42 meter. Setiap batu disambung tanpa menggunakan semen atau perekat. Batu-batu ini hanya disambung berdasarkan pola dan ditumpuk. Semua batu tersebut diambil dari sungai di sekitar Candi Borobudur. Batu-batu ini dipotong lalu diangkut dan disambung dengan pola seperti permainan puzzle dan kesemuanya tanpa menggunakan perekat atau semen.
     Candi Borobudur memiliki 10 tingkat yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar, 3 tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Di setiap tingkat terdapat beberapa stupa. Seluruhnya terdapat 72 stupa selain stupa utama. Di setiap stupa terdapat patung Buddha. Sepuluh tingkat menggambarkan filsafat Buddha yaitu sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha di nirwana. Kesempurnaan ini dilambangkan oleh stupa utama di tingkat paling atas. Struktur Borobudur bila dilihat dari atas membentuk struktur mandala yang menggambarkan kosmologi Buddha dan cara berpikir manusia. Setiap tingkatan memiliki relief-relief yang sangat indah dan memiliki sekitar 2670 relief yang berbeda. Relief ini dibaca searah putaran jarum jam. Relief ini menggambarkan suatu cerita yang cara membacanya dimulai dan diakhiri pada pintu gerbang di sebelah timur. Hal ini menunjukkan bahwa pintu gerbang utama Candi Borobudur menghadap timur seperti umumnya candi Buddha lainnya.dan hal ini menunjukkan betapa mahir pembuatnya.
     Pada reliefnya Borobudur akan menceritakan tentang suatu kisah yang sangat melegenda, yaitu Ramayana. Selain itu, terdapat pula relief yang menggambarkan kondisi masyarakat saat itu. Misalnya, relief tentang aktivitas petani yang mencerminkan tentang kemajuan sistem pertanian saat itu dan relief kapal layar merupakan representasi dari kemajuan pelayaran yang waktu itu berpusat di Bergotta (Semarang). Di keempat sisi candi terdapat pintu gerbang dan tangga ke tingkat di atasnya seperti sebuah piramida. Hal ini menggambarkan filosofi Buddha yaitu semua kehidupan berasal dari bebatuan. Batu kemudian menjadi pasir, lalu menjadi tumbuhan, lalu menjadi serangga, kemudian menjadi binatang liar, lalu binatang peliharaan, dan terakhir menjadi manusia dan proses ini disebut sebagai reinkarnasi. Proses terakhir adalah menjadi jiwa dan akhirnya masuk ke nirwana. Setiap tahapan pencerahan pada proses kehidupan ini berdasarkan filosofi Buddha digambarkan pada relief dan patung pada seluruh Candi Borobudur. Bagian dasar Borobudur, disebut Kamadhatu, melambangkan manusia yang masih terikat nafsu. Empat tingkat di atasnya disebut Rupadhatu melambangkan manusia yang telah dapat membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat rupa dan bentuk. Pada tingkat tersebut, patung Budha diletakkan terbuka. Sementara, tiga tingkat di atasnya dimana Budha diletakkan di dalam stupa yang berlubang-lubang disebut Arupadhatu, melambangkan manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk. Bagian paling atas yang disebut Arupa melambangkan nirwana, tempat Budha bersemayam.
     Setiap tahun pada bulan purnama penuh pada bulan Mei (atau Juni pada tahun kabisat), umat Buddha di Indonesia memperingati Waisak di Candi Borobudur. Waisak diperingati sebagai hari kelahiran, kematian dan saat ketika Siddharta Gautama memperoleh kebijaksanaan tertinggi dengan menjadi Buddha Shakyamuni. Ketiga peristiwa ini disebut sebagai Trisuci Waisak. Upacara Waisak dipusatkan pada tiga buah candi Buddha dengan berjalan dari Candi Mendut ke Candi Pawon dan berakhir di Candi Borobudur.
     Wisatawan domestik maupun mancanegara banyak mengunjungi tempat wisata ini karena ingin mempelajari sejarah serta melihat secara dekat bangunan warisan dunia ini yang memiliki keindahan serta keunikan tersendiri dan kita juga bisa menikmati pemandangan di sekitar candi borobudur di saat berada di atas candi ini.








1 komentar:

Unknown mengatakan...

http://semenaxindonesia.biz/
http://semenaxindonesia.biz/alat-bantu-sex-wanita/alat-bantu-sex-wanita-penis-maju-mundur/
http://semenaxindonesia.biz/pembesar-penis/pembesar-alat-vital-obat-pembesar-penis-alami-klg-pills-usa/
http://semenaxindonesia.biz/alat-bantu-sex-wanita/vibrator-mic-sex-toys-wanita-terbaru/
http://semenaxindonesia.biz/perangsang-wanita/opium-spray-asli-obat-perangsang-wanita-paling-ampuh/
http://semenaxindonesia.biz/alat-bantu-sex-pria/alat-bantu-sex-pria-vagina/
http://semenaxindonesia.biz/obat-kuat-pria/obat-vitalitas-pria-herbal-alami-aman-cialis-20mg/
http://semenaxindonesia.biz/obat-kuat-pria/viagra-usa-original-disfungsi-ereksi/
http://semenaxindonesia.biz/obat-kuat-pria/obat-pria-perkasa-tahan-lama-herbal-aman/
http://semenaxindonesia.biz/alat-bantu-sex-wanita/alat-pemuas-wanita-penis-mutiara-maju-mundur-getar-goyang/
http://semenaxindonesia.biz/pembesar-penis/vacum-alat-pembesar-penis-terbaru/
http://semenaxindonesia.biz/pembesar-penis/vimax-asli-canada-obat-pembesar-penis-terbaik/
http://semenaxindonesia.biz/penyubur-sperma/obat-penyubur-spermasemenax-asli

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

tagged by standingproud Pictures, Images and Photos