Alam Raya Permai.blogspot.com

Get cash from your website. Sign up as affiliate. Get a Free Nintendo Wii from Xpango - click here

Kamis, 19 Mei 2011

WISATA TELAGA WARNA DIENG,WONOSOBO

     Wonosobo merupakan daerah pegunungan yang memiliki keindahan panorama alam dan udara yang sejuk, Wonosobo telah dikenal olah wisatawan nusantara dan mancanegara sebagai daerah tujuan wisata yang sangat menarik di Jawa Tengah - Indonesia. Bahkan sejak zaman Belanda, Wonosobo sudah dijuluki sebagai Paris van Java (Parisnya Jawa), munculnya julukan itu karena ada kemiripan antara Wonosobo dengan Paris dalam hal keindahan dan kesejukan Alamnya.
     Sedangkan dataran tinggi Dieng merupakan kawasan pegunungan yang terletak di ketinggian 2100 mdpl. Jadi kesejukan udaara bisa mencapai 10 derajat celcius, bahkan menjadi 5 derajat celcius saat musim kemarau. Coba Anda bayangkan betapa dinginnya kawasan dieng ini,terasa seakan berada di Eropa yang sangat dingin,sehingga pakaian dan jaket yang tebal di butuhkan saat berada di kawasan ini.
     Nama Dieng sendiri berasal dari bahasa sansekerta, ‘Di’ yang berarti gunung dan ‘Hyang’ yang berarti khayangan atau tempat tinggal para dewa. Tapi orang Jawa juga mengklaim itu bahasa mereka, ‘edi’ yang artinya indah dan ‘aeng’ yang artinya aneh. Jadi artinya tempat indah yang memiliki keanehan. Namun kesemuanya memiliki arti dan tujuan yang sama yaitu mengandung arti sebuah gunung yang memiliki keindahan serta menyimpan keanehan karena sejuta pesona alam yang ada dan peninggalan warisan budaya pada zaman masa lalu yang terdapat di dataran tinggi dieng ini tertata dengan sangat rapi dan indah.
     Telaga Warna merupakan salah satu objek wisata yang terletak di dataran tinggi dieng yang berada di Kecamatan Kejajar Wonosobo,Jawa Tengah.
Jarak objek wisata Telaga Warna dengan Wonosobo sekitar 26 Km dapat ditempuh dengan rute Arah utara kota Wonosobo, dengan menggunkan bus jurusan Wonosobo - Dieng Batur.
     Obyek wisata telaga warna wonosobo menyimpan sejuta keindahan yang sangat luar biasa sekali karena memiliki nilai histori yang perlu kita ketahui juga menyimpan panorama alam di sekitar telaga warna sungguh mengagumkan dan udara di sekitar telaga warna sangat sejuk sekali.  Tempat wisata ini sangat pas sekali kita kunjungi bila mencintai wisata alam yang berada di dataran tinggi dieng wonosobo ini. Telaga Warna memiliki keunikan tersendiri berkaitan dengan warna telaga. Terkadang berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni mirip pelangi karena Telaga Warna memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi.
     Menurut masyarakat setempat, ada suatu kisah yang menyebabkan warna danau alias telaga itu berwarna-warni. Konon, dahulu ada cincin milik bangsawan setempat yang bertuah namun terjatuh ke dasar telaga. Sementara dari kajian ilmiah, telaga ini merupakan kawah gunung berapi yang mengandung belerang. Akibatnya, bila air telaga terkena sinar matahari akan dibiaskan menjadi warna-warni yang indah.
     Fasilitas yang tersedia di kawasan obyek wisata ini adalah terdapatnya sebuah mushola, dan beberapa pusat oleh - oleh khas dieng termasuk sayur-sayuran,buah-buahan serta beberapa aneka bunga banyak di jual di areal wisata ini. Pengunjung juga dapat memanfaatkan penginapan yang tersedia di dieng serta menikmati hidangan di warung-warung yang tersedia dan menikmati jagung bakar.
     Objek Wisata Telaga Warna banyak dikunjungi oleh turis domestik maupun mancanegara, karena keindahan dan keelokannya serta hawa udaranya yang segar membuat kawasan wisata Telaga Warna Dieng banyak di kunjungi  oleh para wisatawan.




1 komentar:

kae kae mengatakan...

ulasannya bagus....coba fotonya diperbanyak lagi ya...yang dari sisi dekat mushola itu...bagus juga lho

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar,namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

tagged by standingproud Pictures, Images and Photos